Belajar SEO Blogspot – Ada mitos SEO yang mengatakan bahwa
blog yang kaya konten akan lebih mudah bersaing di halaman hasil
pencarian(SERP). benarkah demikian ? untuk itu abangdaka berusaha
menjawabnya di blognya abangdaka kali ini tentang
Pengaruh dan hubungan antara jumlah posting blog dengan tingkat ke-seo-an sebuah blog.
Dalam posting kali ini, abangdaka akan coba menjabarkan apa pengaruh
jumlah posting dengan level ke-seo-an sebuah blog/situs dengan
permisalan(contoh kasus).
Misalkan ada sebuah blog, katakan
blog A. Dan satu blog lagi kita namakan
blog B. Berikut adalah spesifikasi kedua blog tersebut menurut jumlah posting masing-masing :
Blog A : Jumlah posting/artikel pada blog A berjumlah 200an
Blog B : Jumlah posting/artikel pada blog B berjumlah 20an
Terlihat jelas interval yang sangat jauh dari jumlah posting kedua blog
tersebut. Semakin banyak jumlah posting, artinya semakin besar
ukuran(size) sebuah blog. Ini artinya, ukuran Blog A lebih besar dari
pada ukuran Blog B. Jika dijabarkan sebagai berikut :
Blog A : jumlah posting 200an = size blog besar
Blog B : jumlah posting 20an = size blog kecil
Nah, ukuran(size) ini lah yang berpengaruh terhadap tingkat keseoan
sebuah blog. Semakin besar ukuran blog tersebut maka semakin mudah ia
bersaing dengan kompatitornya untuk keyword pendek. Sedangkan blog
dengan ukuran(size) yang kecil akan sangat sulit untuk bersaing pada
keyword yang kompetitif(kata kunci pendek). Biasanya blog-blog dengan
ukuran yang kecil hanya bisa bersaing dengan memanfaatkan long-tail
keyword atau kata kunci panjang.
Contoh :
Blog A akan sangat mudah bersaing pada keyword "Tips SEO" karena jumlah postingnya banyak(ukuran blog menjadi besar).
Blog B akan sangat sulit untuk bersaing pada keyword "tips SEO" karena
jumlah postingnya sedikit(ukuran blog kecil). Untuk menyiasati hal
tersebut pemilik blog B akan mengincar keyword panjang seperti "Tips SEO
untuk pemula".
Mengapa ukuran blog yang besar lebih mudah bersaing pada kata kunci kompetitif ?
Alasan utamanya adalah, mesin pencari menganggap bahwa situs yang
berukuran besar(karena memiliki jumlah posting yang besar pula)
merupakan situs yang sudah berumur dan kaya konten. Situs yang kaya
konten dianggap sebagai situs yang berpengalaman dan berguna bagi
pengunjung. Oleh karena itu mesin pencari, google contohnya lebih
mendahulukan situs-situs yang kaya akan konten. Contoh situs yang kaya
konten adalah situs-situs portal berita (detik.com,kompas.com,dll)
Kesimpulan
Jika blog sobat tergolong pada golongan blog B jangan memaksakan diri
untuk mengincar kata kunci pendek. Lebih baik sobat tingkatkan frekuensi
update sambil menembak kata kunci panjang(long-tail keyword).
Judul : Blog lebih banyak konten lebih mudah bersaing di SERP ?
Deskripsi : Belajar SEO Blogspot – Ada mitos SEO yang mengatakan bahwa blog yang kaya konten akan lebih mudah bersaing di halaman hasil pencaria...